Laman

Minggu, 30 Desember 2012

Kumpulan Puisi


Aku Ingin__Sapardi Djoko DarmonoAku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu.
 

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.






Sonet : X __Sapardi Djoko Darmono

Siapa menggores di langit biru
Siapa meretas di awan lalu
Siapa mengkristal di kabut biru
Siapa mengertap di bunga layu
Siapa cerna di warna ungu
Siapa bernafas di detak waktu
Siapa berkelebat setiap kubuka pintu
Siapa mencair di bawah pandangku
Siapa terucap di celah kata-kataku
Siapa mengaduh di bayang-bayang sepiku
Siapa tiba menjemput berburu
Siapa tiba-tiba menyibak cadarku
Siapa meledak dalam diriku
: Siapa aku

YANG FANA ADALAH WAKTU__Sapardi Djoko Darmono

Yang fana adalah waktu. Kita abadi:
memungut detik demi detik, merangkainya seperti bunga
sampai pada suatu hari
kita lupa untuk apa.
“Tapi, yang fana adalah waktu, bukan?”
tanyamu.
Kita abadi.
(Perahu Kertas,
Kumpulan Sajak,
1982.)

PENERIMAAN__Khairil Anwar

Kalau kau mau kuterima kau kembali
Dengan sepenuh hati
Aku masih tetap sendiri
Kutahu kau bukan yang dulu lagi
Bak kembang sari sudah terbagi
Jangan tunduk! Tentang aku dengan berani
Kalau kau mau kuterima kembali
Untukku sendiri tapi
Sedang dengan cermin aku enggan berbagi.
(Maret 1943)

 AKU__Khairil Anwar

Kalau sampai waktuku
Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi.

 AKU BERHARAP__Aiman Saga


Aku merindukan seseorang yang bunyinya sanggup kudengar tanpa perlu bersuara
Aku mendambakan seseorang yg geraknya bisa kutebak tanpa perlu beranjak
Seseorang yang bermula dari titik pusat mata

Cair bagai permukaan laguna yg merefleksikan segala apa yg kita damba
Yang kuharap segera hadir
Menyembuhkan segala siksa.

 

Tidak ada komentar: