Laman

Rabu, 07 November 2012

Jamais vu



Jamais vu (dari bahasa Perancis, yang berarti "pernah melihat") adalah istilah dalam psikologi yang digunakan untuk menggambarkan situasi akrab yang tidak diakui oleh pengamat.

Sering digambarkan sebagai kebalikan dari déjà vu, jamais vu melibatkan rasa keseraman dan kesan pengamat dari melihat situasi untuk pertama kalinya, meskipun secara rasional mengetahui bahwa ia telah berada di situasi sebelum. Jamais vu lebih sering dijelaskan sebagai ketika seseorang sesaat tidak mengenali kata, orang, atau tempat yang mereka sudah tahu. Jamais vu kadang-kadang dikaitkan dengan beberapa jenis aphasia, amnesia epilepsi, dan.

Secara teoritis, seperti yang terlihat di bawah ini, vu jamais perasaan dalam penderita gangguan mengigau atau keracunan dapat mengakibatkan penjelasan mengigau itu, seperti dalam khayalan Capgras, dimana pasien membutuhkan orang yang dikenal oleh dia untuk palsu ganda atau penipu. Jika penipu adalah dirinya sendiri, pengaturan klinis akan sama dengan yang digambarkan sebagai depersonalisasi, maka jamais vus dari diri sendiri atau dari "realitas realitas" sangat, yang disebut depersonalisasi (atau surreality) perasaan.

Tidak ada komentar: